Faktor Penyebab Panu Di Kulit

Faktor Penyebab Panu Di Kulit

Faktor Penyebab Panu Di Kulit Faktor Penyebab Panu Di Kulit,- Panu merupakan masalah kulit yang bisa menimbulkan kurangnya percaya diri. Panu di kulit disebabkan karena beberapa hal tetapi penyebab utamanya adalah infeksi jamur yang ditandai dengan munculnya bercak-bercak kecil di kulit. Warna bercak tersebut bisa lebih terang dan lebih gelap dari kulit asli.  Panu ini bisa muncul dimana saja termasuk di leher, dada, punggung dan bagian tubuh lain yang sering berkeringat bahkan panu di wajah pun bisa.

Sejenis jamur yang menyebabkan timbulnya panu adalah Malassezia. Belum diketahui secara pasti mengapa jamur ini bisa berkembang menjadi tidak terkendali. Tetapi tingkat kebersihan seseorang diperkirakan tidak berhubungan dengan kondisi ini. Tetapi ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya panu di kulit, antara lain :

  • Memiliki jenis kulit berminyak
  • Tinggal di daerah yang lembap dan bersuhu hangat
  • Berusia remaja atau awal 20an
  • Sering mengeluarkan keringat berlebih
  • Memiliki tingkat kekebalan tubuh yang rendah
  • Mengalami perubahan hormon

Panu ini memang sejnis penyakit kulit yang dikenal oleh masyarakat, orang menganggap panu ini menular tetapi ternyata tidak seperti itu.

Setiap manusia memiliki jamur Malassezia pada tubuhnya, bisa dipastikan panu bukanlah penyakit kulit menular. Jadi jangan menyalahkan orang lain ketika Anda memiliki panu seperti berkata, “Saya terkena panu karena pernah memakai baju milik pengidap panu.” Panu inipun sebenarnya bisa muncul kembali karena jamur tersebut memang ada di kulit anda.

Tips dari kami agar terhindar dari panu adalah dengan menggunakan pakaian yang tidak terlalu ketat, hindari produk yang bisa membuat kulit berminyak, kurangi paparan sinar matahari, gunakan tabir surya SPF 30 sebelum keluar ruangan.

Panu yang tidak segera diatasi pada sebagian orang dapat mengakibatkan panu menahun/ panu yang lama untuk sembuh.

Baca Juga : Khasiat Lengkuas Untuk Panu

Jika panu masih dalam gejala ringan, Anda mungkin dapat mengobati sendiri. Ada produk anti-jamur yang dapat Anda beli tanpa resep. Yaitu :

Baca Juga : Obat Herpes Di Apotik

Created By : Obat Penyakit Kulit