Faktor Penyebab Penyakit Campak

Faktor Penyebab Penyakit Campak,- Campak merupakan infeksi yang biasa terjadi pada anak-anak dan disebabkan oleh virus. Tetapi campak bisa dicegah dengan vaksin. Tanda dan gejala campak sendiri meliputi batuk, pilek, mata meradang, sakit tenggorokan, demam dan merah, ruam kulit berjerawat.

Faktor Penyebab Penyakit Campak

Campak tanda-tanda dan gejala muncul 10 sampai 14 hari setelah terpapar virus. Tanda dan gejala campak biasanya meliputi:

  • Demam
  • Batuk kering
    ingusan
  • Sakit tenggorokan
  • Mata meradang (konjungtivitis)
  • Bintik-bintik putih kecil dengan pusat putih kebiruan pada latar belakang merah ditemukan di dalam mulut pada lapisan dalam pipi – juga disebut bintik Koplik
  • Sebuah ruam kulit terdiri dari besar, bercak datar yang sering mengalir ke satu sama lain
  • Infeksi terjadi pada tahap berurutan selama dua sampai tiga minggu.

Infeksi dan inkubasi. Untuk pertama 10 sampai 14 hari setelah Anda terinfeksi, virus campak mengeram. Anda tidak memiliki tanda-tanda atau gejala campak selama ini.
Tanda-tanda spesifik dan gejala. Campak biasanya dimulai dengan ringan sampai demam sedang, sering disertai dengan batuk terus-menerus, pilek, mata meradang (konjungtivitis) dan sakit tenggorokan. Penyakit yang relatif ringan ini bisa berlangsung dua atau tiga hari.
Penyakit akut dan ruam. Ruam terdiri dari bintik-bintik merah kecil, beberapa di antaranya sedikit terangkat. Bintik-bintik dan benjolan di cluster ketat memberikan penampilan merah bercak kulit. Wajah pecah pertama, terutama di belakang telinga dan di sepanjang garis rambut.

Selama beberapa hari ke depan, ruam menyebar ke bawah lengan dan batang, kemudian di atas paha, kaki dan kaki yang lebih rendah. Pada saat yang sama, demam naik tajam, sering setinggi 104-105,8 F (40-41 C). Campak ruam secara bertahap surut, memudar pertama dari wajah dan terakhir dari paha dan kaki.

Periode menular. Seseorang dengan campak dapat menyebarkan virus ke orang lain selama sekitar delapan hari, mulai empat hari sebelum ruam muncul dan berakhir ketika ruam muncul selama 4 hari.

Penyebab Penyakit Campak 

Penyebab penyakit campak adalah virus yang mereplikasi di hidung dan tenggorokan dari anak yang terinfeksi atau orang dewasa.

Ketika seseorang dengan campak batuk, bersin atau berbicara, tetesan terinfeksi semprot ke udara, di mana orang lain bisa menghirup mereka. Tetesan yang terinfeksi juga dapat mendarat di permukaan, di mana mereka tetap aktif dan menular selama beberapa jam.

Anda dapat kontrak virus dengan menempatkan jari-jari Anda di mulut atau hidung atau menggosok mata Anda setelah menyentuh permukaan yang terinfeksi.

Faktor Resiko Yang Menyebabkan Terjadinya Campak

Faktor risiko campak termasuk:

Saat kecil tidak menerima vaksin –  Jika Anda belum menerima vaksin untuk campak, Anda lebih mungkin untuk mengembangkan penyakit.
Melakukan perjalanan internasional –  Jika Anda bepergian ke negara-negara berkembang, di mana campak lebih umum, Anda berisiko lebih tinggi dari penangkapan penyakit.
Kekurangan Vitamin A –  Jika Anda tidak memiliki cukup vitamin A dalam diet Anda, Anda lebih mungkin untuk kontrak campak dan memiliki gejala yang lebih berat.

Baca Juga :

Obat Penyakit Kulit