7 Faktor Penyebab Timbulnya Keloid

By | 04/07/2017

7 Faktor Penyebab Timbulnya Keloid,- Keloid merupakan salah satu jenis gangguan kulit yang sangat mengganggu dan terkadang membuat tingkat percaya diri menurun.

Keloid bisa menyebabkabkan munculnya luka timbul berbentuk parutan yang bisa mengganggu penampilan dan terilhat sulit untuk dihilangkan. Bentuknya tebal dan warnannya kontras dengan kulit di sekitarnya.

7 Faktor Penyebab Timbulnya Keloid

7 Faktor Penyebab Timbulnya Keloid

Keloid biasanya timbul pada mereka yang memiliki kulit gelap, ditemukan pada mereka yang berusia masih sangat muda seperti 10-20 tahun. Keloid akan tumbuh selama beberapa minggu, bulan dan tahun. Keloid kemudian bisa berhenti tumbuh tetapi tidak bisa menghilang dengan sendirinya. Keloid sendiri umumnya timbul karena beberapa jenis bekas luka yang tidak ditangani dengan baik.

Berikut ini kami paparkan lebih jelasnya mengenai keloid..

Faktor Penyebab Timbulnya Keloid

  • Keturunan

Penyebab keloid keturunan terjadi karena memang gen dari awalnya seperti itu. Faktor keturunan ini bisa dilihat dari orangtua apakah salah satu atau kedua orangtua memiliki keloid atau tidak. Jika orangtua memiliki keloid maka anaknya bisa cenderung terkena keloid, atau bahkan mudah muncul keloid.

  • Luka Bakar

Penyebab paling umum timbulnya keloid adalah bekas luka bakar, kebakaran bisa terjadi dimanapun dan kapanpun, kulit yang terkena luka bakar pasti menjadi rusak nah jika anda menderita luka bakar harus cepat cepat mendapatkan perawatan yang baik. Saat kulit terkena api kondisi ini pun membuat fungsi syaraf kulit tidak bekerja dan melakukan regenerasi sel sehingga keloid pun mudah timbul. Bekas luka bakar memang biasanya masih membekas setelah sekian lama oleh karena itu perlu perawatan khusus.

  • Luka Jerawat

Luka jerawat bisa menyebabkan munculnya keloid, jerawat disebabkan karena komedo yang meradang dan pori pori terutup dan jika terkelupas dengna tangan maka bisa menimbulkan luka atau bekas jerawat dan muncul keloid. Namun kondisi ini jarang terjadi, hanya pada beberapa orang saja.

  • Luka Operasi

Operasi rentan menimbulkan keloid, karena operasi berkaitan dengan pembedahan yang akan melukai kulit. Operasi tersebut misal terjadi saat ada masalah di organ tubuh atau saaat melahirkan. Saat operasi jaringan fibrosa di kulit tidak berkembang secara optimal di bagian kulit yang dibedah, hal ini jugabisa menimbulkan bekas luka parut dan muncul lah keloid.

  • Luka Suntikan

Luka suntikan pun bisa menimbulkan keloid di kulit. Misalnya saat kecil kita biasanya terus melakukan imunisasi dengan cara disuntik dan divaksinasi. Ada beberapa vaksinasi yang perlu di lakukan, sehingga munculnya beberapa bekas suntikan, nah bekasnya tersebut bisa menimbulkan keloid dan bisa membekas hingga dewasa.

  • Obat-Obatan

Beberapa obat-obatan pun bisa menjadi pemicu timbulnya keloid di kulit, obat-obatan cenderung bisa menimbulkan munculnya keloid. Misal obat-obatan dari golongan antiseptik atau antibiotik. Jika kita langsung mengkonsumsi antiseptik atau antibiotik maka beberapa kandungan senyawa kimia dalam obatobatan tersebut tidak dapat diuraikan oleh tubuh,kemudian mengendaplah senyawa tersebut di permukaan kulit dan memicu pertumbuhan senyawa kolagen di kulit. Itulah yang menyebabkan munculnya keloid di dalam permukaan tubuh.

 

Artikel Terkait :

 

By Obat Penyakit Kulit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *