7 Gejala Maag Kronis Yang Perlu Anda Ketahui

By | 06/12/2016

7 Gejala Maag Kronis Yang Perlu Anda Ketahui

7 Gejala Maag Kronis Yang Perlu Anda Ketahui,- Maag merupakan salah satu penyakit yang saat ini mudah ditemukan. Gejalanya tidak hanya terjadi pada orang dewasa tetapi bisa juga terjadi pada anak-anak bahkan lansia. Maag ditandai dengan nyeri yang berasal dari lambung, usus halus, dan bahkan kerongkongan karena beberapa penyebab. Maag ini bisa juga disebut dispepsia. Sakit maag bisa disebabkan karena beberapa hal yaitu luka terbuka yang muncul di lambung (tukak lambung), infeksi bakteri Helicobacter pylori, dan efek samping penggunaan obat antiinflamasi nonstreoid. Maag bisa berubah menjadi kronis jika tidak segera ditangani. Penderita maag dapat mengalami tubuh yang sangat lemah. Tubuh tak dapat beraktifitas seperti biasa akibat nyeri yang luar biasa di bagian ulu hati. Ciri utama dari penyakit ini di stadium manapun yaitu sensasi terbakar di perut yang bisa berlangsung selama 30 menit hingga 3 jam.

Inilah 7 Gejala Maag Kronis Yang Perlu Anda Ketahui

  • Mual dan Muntah

Mual adalah perasaan yang tidak nyaman yang terjadi pada perut sebelum terjadinya muntah. Ini ditandai dengan keringat, produksi air liur yang meningkat, dan terjadinya kontraksi secara ritmis pada otot-otot perut.

  • Timbul Rasa Nyeri Pada Ulu Hati

Ulu hati terletak pada perut atas bagian tengah. Rasa nyeri pada organ ini biasanya disertai dengan nyeri pada dada, penyebab dada sesak dan sakit yang menjalar ke bahu dan lengan, dan juga dapat disertai dengan muntah.

  • Nafsu Makan Hilang

Seorang penderita maag kronis bisa mengalami hilangnya nafsu makan pada saat rasa mual muncul. Ini menyebabkan perut kembung, sering bersendawa, dan perubahan warna kulit menjadi pucat. Jika nafsu makan hilang bisa menyebabkan turunnya berat badan penderita maag.

  • Sakit Kepala

Pada beberapa penderita maag, bisa mengalami gejala sakit kepala yang berat disertai dengan naiknya suhu tubuh, keringat dingin yang keluar dan gangguan insomnia.

  • Pendarahan Pada Lambung

Penderita maag kronis bisa mengalami gejala pendarahan pada organ lambung yang menjadi penyebab terjadinya muntah darah disertai warna hitam pekat seperti kopi.

  • Luka Pada Mukosa Lambung

Luka pada organ lambung menyebabkan maag kronis. Ini karena tidak seimbangnya sekresi zat asam pada lambung dan beberapa jenis pepsin maupun mukus.

  • Tubuh Lemah

Penderita maag kronis memiliki tubuh yang sangat lemah dan membuat tidak nyaman.Tubuh tidak dapat beraktifitas dengan bebas  karena nyeri pada perut.

Bagi anda penderita maag kronis seharusnya memberikan asupan yang telaten dan hati-hati. Karena makanan yang masuk dalam tubuh berpengaruh terhadap kesehatan nantinya. Jangan sepelekan maag kronis karena maag kronis ini bisa menyebabkan akibat yang fatal atau komplikasi yang lebih buruk. Untuk mengatasi hal ini perawatan yang harus dilakukan dengan tepat adalah menghindari semua pemicu sakit maag.

Baca Juga : Obat Sakit Maag Kronis

By : obat penyakit kulit | 7 Gejala Maag Kronis Yang Perlu Anda Ketahui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *