Bahaya Ulat Bulu Yang Menempel Pada Kulit

By | 10/05/2016

Bahaya Ulat Bulu Yang Menempel Pada KulitBahaya Ulat Bulu Yang Menempel Pada Kulit,- Banyak mungkin orang yang berpendapat sama dengan saya bahwa ulat bulu bukan binatang yang menyenangkan. Selain bentuknya yang menggelikan ulat bulu juga jika tersentuh akan menimbulkan bahaya pada kulit. Karena ulat bulu ini mengandung racun yang berbahaya bagi tubuh. Ulat bulu ini adalah tahap larva dari spesies dalam ordo Lepidoptera dan famili Lymantriidae, yang mencakup kupu-kupu dan ngengat. Ulat bulu ini memiliki ciri fisik yang khas yaitu rambut-rambut yang terdapat pada bagian dorsal (punggung) di sepanjang tubuhnya. Rambut-rambut sering menyatu membentuk berkas di beberapa bagian tubuh. Ulat bulu memiliki bulu tegak yang berselang-seling, lebih tebal, dan menonjol. Ulat bulu juga memiliki rambut halus yang sering bersembunyi antar rambut yang lebih panjang. Nah rambut tersebut itulah yang membuat reaksi gatal jika disentuh kulit.

Ulat bulu tergolong hewan yang sangat kecil sehingga anda kadang tidak menyadari kedatangan ulat bulu ini. Ulat bulu yang terkena ulat bulu akan menimbulkan rasa gatal yang tidak nyaman. Rasa gatal yang timbul cenderung berlebihan, mengapa ini dapat terjadi ? Karena dalam ulat bulu terdapat racun yang sangat berbahaya, racun tersebut digunakan ulat bulu untuk melindungi tubuhnya dari ancaman musuh oleh ulat bulu.

Selain itu bahaya ulat bulu yang menempel pada kulit adalah :

  • Rasa Nyeri

Rasa nyeri sengatan ulat bulu ini akan sangat menyakitkan pada kulit. Menahan rasa nyeri akibat ulat bulu, sangat tidak tertahankan dan membuat tidak nyaman.

  • Rasa Panas

Racun yang berada dalam ulat bulu tersebut digunakan untuk benteng pertahanan ulat bulu tersebut. Selain rasa perih dan nyeri, racun tersebut juga akan menimbulkan rasa panas pada kulit.

  • Bengkak

Setelah rasa perih, nyeri dan panas racun tersebut akan menyebabkan bengkak pada tubuh atau pada tangan yang menyentuh ulat bulu.

Itulah bahaya-bahaya yang akan timbul, memang terlihatnya sangat sepele tetapi bahaya tersebut akan dirasakan pada mereka yang terkena ulat bulu. Untuk itu waspadalah selalu terhadap binatang di sekitar anda.

Berikut Ini kami berikan pertolongan pertama yang harus dilakukan jika terkena ulat bulu :

  • Hilangkan bulu yang ulat yang melekat di kulit

Coba gunakan sarung tangan untuk mengambil bulu ulat yang menempel, atau bisa juga menggunakan selotip. Segera hilangkan bulu yang menempel agar tidak menyebar ke bagian tubuh lain.

  • Cuci Bagian Yang Terkena Bulu

Gunakan air hangat atau gunakan air sabun untuk membantu menghilangkan racun ulat bulu yang menempel.

  • Usapkan Garam

Gunakan garam dan usapkan selama beberapa menit untuk membantu menghilangkan racun bulu yang tidak hilang saat dicuci.

  • Gunakan Es Batu

Untuk membantu meredakan nyeri pembengkakan dan nyeri akibat ulat bulu gunakan es batu dan usapkan pada daerah yang bengkak.

  • Hindari Garukan

Jangan biarkan tangan menggaruk daerah luka, tahan keinginan untuk menggaruk kulit yang gatal akibat ulat bulu. Ini akan menyebabkan infeksi atau luka pada kulit.

Baca Juga : Penyebab Vitiligo Pada Orang Dewasa

By Obat Alergi Kulit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *