Daftar Nama Obat TBC 6 Bulan

By | 11/10/2017

Daftar Nama Obat TBC 6 Bulan – Tahukah anda, meski saat ini kita hidup di era modern namun stigma masyarakat terhadap penderita tuberkulosis (TB) masih kerap ditemukan. Biasanya penderita TB dijauhi, karena menganggap penyakit ini merupakan kutukan karena bisa menular dan membuat sial orang banyak.

Daftar Nama Obat TBC 6 Bulan

Tuberkulosis ini merupakan penyakit infeksi yang lazim menyerang paru-paru yang ditandai oleh pembentukan granuloma dan menimbulkan nekrosis jaringan. Penyebab dari penyakit ini adalah kuman TB (Mycrobacterium tuberkulosis) yang ditularkan melalui udara saat penderita batuk atau melalui dahak yang dibuang sembarangan. Tuberkulosis pun biasanya menyerang organ paru-paru tetapi juga bisa menyerang organ tubuh lainnya seperti tulang dan kelenjar limfa.

Pengobatan Tuberkulosis Dari Segi Medis

Pasien yang telah dinyatakan positif TB bisa diperiksa kondisinya dengan pemeriksaan BTA(+) atau foto Thorax (+) dan dilanjutkan dengan pengobatan lengkap. Pengobatan tuberkulosis ini dilakukan dengan Obat Anti Tuberkulosis (OAT) yang merupakan paket pengobatan 6 bulan dari strategi nasional DOTS (Direct Observed Treatment Short-Course) yang meliputi :

  • Fase Intensif/Awal untuk bantu menurunkan jumlah bakteri yang ada dalam tubuh pasien dan meminimimalisir pengaruh dari sebagian kecil bakteri yang mungkin telah resistan sejak sebelum pasien mendapatkan pengobatan. Di fase ini, pasien akan meminum obat berwarna merah (RHZE) setiap hari selama 2 bulan. Perubahan akan terlihat setelah 2 minggu pertama.
  • Fase Lanjutan bisa digunakan untuk membunuh sisa-sisa bakteri yang masih ada dalam tubuh khususnya kuman persister sehingga memungkinkan pasien cepat sembuh dan mencegah terjadinya kambuh lagi. Pada fase ini, pasien pun meminum obat berwarna kuning (RH) setiap 2 hari sekali selama 4 bulan.

Paket obat yang diberikan biasanya pun harus diminum secara teratur pagi sebelum sarapan. Hal ini memiliki fungsi agar kuman TB tidak aktif di pagi hari. Sehingga pasien pun tidak merespon untuk batuk.

Tabel Panduan Obat Anti Tuberkulosis (OAT) dan Efek Sampingnya

Pengobatan diatas adalah pengobatan tuberkulosis dari puskesmas atua rumah sakit. Biasanya kategori pasien digolong menjadi 3 kategori yaitu :

  • (Pasien baru BTA(+), pasien terdiagnosa klinis, pasien ekstra paru)
  • Kategori 2 (pasien kambuh, pasien gagal pada pengobatan awal, pasien putus obat)
  • Kategori 3 (pasien BTA(-) Thorax(+)).

Setelah diketahui kategorinya, pasien biasanya ditimbang berat badannya (BB) untuk menentukan jumlah obat yang dimakan perharinya. BB 30-37 (2 tablet), BB 38-54kg (3 tablet), BB 57-70kg (4 tablet) dan khusus untuk kategori 2 biasanya mendpaat tambahan injection/suntikan perharinya (500mg – 750mg – 1000mg sesuai BB).

Obat-obatan tersebut terdiri dari :

Obat Primer : Streptomisin, INH (isoniazid), Etambutol, Rifampisin, Pirazinamid. Memperlihatkan efektivitas yang tinggi dengan toksisitas yang masih bisa ditolerir.

Obat Sekunder : Sikloserin, Exionamid, Amikasin, Kapresomisin, Paraaminosalisilat, dan Kanamisin

Artikel Terkait :

By Cara Menyembuhkan Penyakit Kulit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *