Faktor Penyebab dan Ciri Ciri Hemangioma

By | 18/07/2017

Faktor Penyebab dan Ciri Ciri Hemangioma,- Anda baru mengenal istilah Hemangioma ? Ya kondisi ini merupakan tanda lahir yang berbentuk tonjolan kenyal berwarna merah dan terang di kulit. Hemangioma terjadi karena ada pembuluh darah di permukaan yang melebar. Terkadang hemangioma ini berwarna kebiruan atau ungu jika terjadi di pembuluh darah lapisan yang lebih dalam.

Faktor Penyebab dan Ciri Ciri Hemangioma

Hemangioma bisa terdapat di bagian tubuh manapun, tetapi paling sering ditemukan di kulit kepala, punggung, dada ataupun wajah. Hemangioma ini termasuk jenis tumor pembuluh darah yang tidak ganas dan jarang menimbulkan komplikasi. Kemunculan hemangioma terjadi beberapa bulan setelah bayi lahir. Biasanya sekitar 50% hemangioma menyusut ketika anak berusia 5 tahun dan akhirnya memudar setelah 10 tahun.

Gejala Hemangioma

Gejala awal dari hemangioma adalah munculnya tanda berwarna merah di kulit yang bisa tumbuh dan berkembang dengan cepat sehingga menonjol dari permukaan kulit. Tetapi hemangioma ini akan memasuki fase tidak aktif, lalu menghilang secara perlahan. Meksipun menghilang, kondisi ini akan menyisakan perbedaan warna kulit yang menetap, walaupun tidak seterang saat pertama kali muncul.

Gejala Lain Yang Bisa Muncul :

  • Kehilangan selera makan
  • Penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan
  • Perasaan kenyang di perut
  • Mual
  • Muntah
  • Ketidaknyamanan perut

Faktor Penyebab Hemangioma

Penyebabnya adalah karena pembuluh darah tambahan dan terbentuk karena adanya pertumbuhan yang abnormal akan berkumpul dan membentuk hemangioma. Penyebab terjadinya pertumbuhan pembuluh darah yang tidak normal ini belum diketahui secara pasti. Faktor Yang Diduga Menjadi Penyebab Hemangioma adalah :

  • Genetika atau faktor keturunan
  • Kelahiran prematur
  • Jenis kelamin perempuan

Komplikasi Yang Menyebabkan Hemangioma

Umumnya kondisi ini tidak berbahaya dan menyebabkan rasa sakit, tetapi dalam beberapa kasus bisa menyebabkan pendarahan, infeksi dan menjadi luka terbuka yang terasa sakit. Pada kasus yang jarang terjadi, hemangioma bisa menyebabkan gangguan di pernafasan, penglihatan, pendengaran atau bisa juga mengganggu kelancaran buang air kecil dan buang air besar, tergantung pada letak dan ukuran.

Diagnosis Apa Yang Bisa Dilakukan Untuk Hemangioma

Hemangioma bisa dikenali secar visual. Tidak perlu ada diagnosis, tetapi jika pembuluh darah berada dalam tubuh, CT scan dan MRI bisa diperlukan.

Faktor Penyebab dan Ciri Ciri Hemangioma

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *