8 Jenis Penyakit Kulit Yang Menyerang Anak

By | 27/11/2015

8 Jenis Penyakit Kulit Yang Menyerang Anak ,- Tahukah Anda bahwa kulit adalah organ terbesar dari tubuh? Kulit Anda memisahkan bagian dalam tubuh Anda dari luar dan melindungi dari bakteri,  virus, dan mengatur suhu tubuh Anda. Kulit pun dapat dengan mudah terserang penyakit diakibatkan oleh perubahan cuaca, alergi kulit, bakteri, jamur dan virus.

Penyakit kulit bisa mudah menyerang siapa saja, namun penyakit kulit sering terjadi pada anak-anak.

Anak-anak juga bisa mendapatkan masalah kulit sama seperti orang dewasa, namun anak-anak juga bisa mengalami masalah kulit yang tidak umum dimiliki oleh orang dewasa. Meskipun banyak masalah kulit masa menghilang dengan usia, anak-anak juga dapat mewarisi gangguan kulit yang genetik dan permanen. Penyakit kulit Pada anak-anak tidak diketahui penyebabnya. Banyak gangguan kulit permanen mungkin timbul dari kombinasi kerentanan genetik dan stres lingkungan seperti penyakit, alergi, atau paparan iritasi dari sinar matahari.

Berikut ini kami sajikan tentang 8 Jenis Penyakit Kulit yang Sering Menyerang pada Anak :

  • Cacar Air

Cacar Air (varicella) merupakan penyakit virus yang ditandai dengan ruam merah yang sangat gatal, dan salah satu penyakit menular yang paling umum terjadi pada masa kanak-kanak. Hal ini biasanya ringan pada anak-anak tetapi ada risiko komplikasi serius, seperti terkena bakteri pnemonia.

Cacar disebabkan oleh herpes virus varicella-zoster. Virus ini menyebar melalui tetesan dari bersin atau batuk, atau melalui kontak dengan pakaian, seprei atau mengalir dari orang yang terinfeksi. Timbulnya gejala biasnya 10 sampai 21 hari setelah paparan.

  • Impetigo

Impetigo adalah penyakit kulit yang sangat menular, biasanya terjadi pada wajah, leher tangan anak-anak dan bayi. Anak yang mengenakan popok juga cenderung bisa terkena impetigo di sekitar daerah popok. Impetigo terjadi lebih jarang pada orang dewasa, biasanya mengikuti kondisi kulit lain atau infeksi.

Impetigo disebabkan oleh bakteri pyogenes streptococcus dan staphylococcus aureus.Gejala impetigo dapat membuat penderitanya tidak nyaman dan merasa klurang percaya diri, terutama ketika muncul pada wajah. Gejalanya dapat meliputi luka merah yang muncul dengan mudah dan meninggalkan kerak kuning berisi cairan, kulit gatal ruam dan pembengkakan kelenjar getah bening.

  • Biang Keringat

Biang keringat juga disebut miliaria, merupakan ruam yang dapat berkembang setelah berkeringat biasanya kelenjar keringat menajadi tersumbat. Bayi dan anak-anak juga bisa mengalami ruam panas saat cuaca panas atau lembab karena kelenjar keringat mereka belum sepenuhnya berkembang. Biang keringat menyebabkan ruam gatal merah kecil mengangkat bintik-bintik merah dengan tusukan atau sensasi menyengat. Biang keringat biasanya terjadi pada bagian tubuh yang tertutup oleh pakaian berbahan panas seperti punggung, perut, leher, dada bagian atas, pangkal paha atau ketiak.

  • Kurap

Kurap adalah infeksi kulit yang sangat menular dan umum yang menyebabkan cincin berbentuk ruam merah. Penyakit kulit ini merupakan yang paling umum di antara anak-anak, tetapi dapat mempengaruhi orang-orang dari segala usia.

Kurap dari kulit kepala dapat menyebar dari satu anak ke anak lainnya ketika anak-anak berbagi topi, sisir, atau sikat. Kurap dapat menyebar pada handuk, pakaian, atau peralatan olahraga. Kebersihan pribadi adalah penting dalam mencegah penyebaran kurap. Anjing dan kucing juga dapat terinfeksi kurap, dan mereka dapat menyebarkannya ke orang melalui kontak langsung.

  • Kutil

Antara 10% sampai 20% dari anak-anak memiliki kutil kulit yang umum.Perempuan lebih sering terserang penyakit kutil daripada laki-laki, Kutil yang paling lazim pada anak-anak antara usia 12 dan 16. Kutil menular, tetapi biasanya tidak berbahaya.

  • Eksim

Atopik eksim, atau dermatitis atopik, adalah jenis yang paling umum dari eksim yang mempengaruhi anak-anak. Eksim sering menyerang pada bagian wajah, leher, pergelangan kaki, pergelangan tangan dan siku. Penyebab Eksim biasanya disebabkan oleh Gen tertentu yang membuat beberapa orang memiliki kulit ekstra-sensitif, dan faktor lingkungan tertentu, seperti stres yang dapat memicu eksim.

  • Hives

Hives adalah benjolan merah yang terasa gatal serta seperti luka kulit habis terbakar. Hives dapat muncul di mana saja pada tubuh dan dapat terlihat seperti bintik-bintik kecil atau benjolan yang saling berhubungan besar.

  • Bisul

Bisul (furunkel) adalah benjolan berisi nanah pada kulit yang terjadi akibat dari infeksi dalam folikel rambut. Infeksi ini biasanya disebabkan oleh jenis bakteri yang disebut Staphylococcus aureus. Penyakit ini dapat diatasi dengan langkah-langkah perawatan diri yang sederhana, namun cairan yang terinfeksi (nanah) perlu diatasi dengan segera, penyakit ini juga dapat disembuhkan dengan cara-cara alami menggunkan tumbuhan berkhasiat di sekeliling Anda.

Itulah beberapa penyakit kulit yang dapat dengan mudah menyerang anak-anak, para orang tua harus berhati-hati dalam merawat anaknya agar terhindar dari 8 Jenis Penyakit Kulit yang Sering Menyerang pada Anak. Penyakit kulit ini dapat saja membahayakan kesehatan kulit  dan dapat mengganggu kepercayaan diri Anak.

Baca Juga : Makanan Untuk Penyakit Kulit Eksim

By: Obat Alergi Kulit

 Jenis Penyakit Kulit Yang Menyerang Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *