Khasiat Ajeran Untuk Kesehatan Mata

By | 06/09/2016

Khasiat Ajeran Untuk Kesehatan Mata,- Tanaman ajeran atau jintan tumbuh di daerah dengan ketinggian 100 meter diatas permukaan laut, aroma daun jintan ini memiliki bau yang khas dan bisa bermanfaat bagi kesehatan. Perkembangbiakan tanaman jintan dilakukan dengan melalui biji ataupun dengan cara stek. Media penanaman pun bisa di dalam pot atau langsung ditanam di tanah pekarangan. Kondisi tanah yang memiliki kandungan air yang cukup dan tidak terlalu mendapatkan sinar matahari merupakan tempat terbaik untuk pertumbuhan tanaman ajeran. Tinggi tanaman ajeran ini kurang lebih 1-2 m.

Ajeran atau jintan ini memiliki dua varietas yang cukup dikenal masyarakat yaitu jintan hitam dan jintan putih. Bagian yang sering dimanfaatkan adalah bijinya baik sebagai bahan rempah dapur ataupun obat. Beberapa penyakit dapat diobati pula oleh jintan sebagai tanaman obat yaitu sakit kepala, asma dan batuk, sariawan, borok, perut kembung, dan juga demam.

Kandungan Tanaman Ajeran

Dalam tanaman ini terkandung unsur kimia Phytosterin-B, unsur ini memiliki rasa pahit dan agak dingin. Unsur kimia ini berfungsi untuk menurunkan panas (antipiretik), anti radang (anti inflamasi), melancarkan peredaran darah dalam tubuh, serta menghentikan pendarahan.

Lalu ada senyawa antioksidan utama : kuersetin 3-0 rabinobioside, kuersetin 3-O-rutinoside, asam klorogenat, 3,4-di-0-caffeoylquinic acid, 3,5-di-0-caffeoylquinic acid, 4,5-di-0-caffeoylquinic acid. Senyawa lain yaitu heptanyl 2-0-beta-xylofuranosyl, beta glucopyranoside, jacein, dan centaurein. Penelitian pun menunjukan adanya kandungan senyawa fenol yaitu quercetin 3-Orabinobiosid. Ajeran pun mengandung dua senyawa poliasetilenik yang teridentifikasi pada fraksi butanol. Senyawa ini berperan pada pencegahan awal diabetes.

Komposisi :
Alkaloid poliina, saponin, zat pahit, minyak atsiri, dan zat samak.

Khasiat Tanaman Ajeran dan Cara Pengolahannya

Sebagai antiseptik, antiinflamasi, antipiretik, demam, gangguan pencernaan, rematik, salesma, usus buntu dan wasir.

Selain itu berkhasiat pula sebagai :

  • Mengobati Infeksi Hepatitis

Panaskan 1 liter air, masukan 120 gram daun ajeran dan biarkan hingga 375 ml air saja yang tersisa lalu minum airnya untuk pagi dan malam hari.

  • Sebagai Obat Gatal-Gatal

Rebus 100 gram daun jintan bersama 1 liter air. Gunakan cara yang sama dengan ramuan untuk obat hepatitis.

  • Mengatasi Radang Usus Buntu

Rebus 60 gram akar kemuning dan 70 gram daun jintan bersama 1 liter air. Lalu air rebusan tersebut dinginkan dan konsumsi.

  • Mengatasi Iritasi Mata

Caranya dengan mencuci segenggam daun ajeran dan seduh dengan segelas air panas. Gunakan pula airnya untuk mencuci mata, saat airnya masih hangat.

  • Mengobati Salesma

Sediakan 3 gram daun ajeran, 2 gram daun poko, 200 mg babakan pule, dan 3 gram daun sembung. Haluskan semua bahan, seduh bersama 100 ml air panas. Minum secara rutin hingga sembuh.

  • Mengobati Sakit Gigi

Masalah gigi berlubang jangan khawatir dan panik. Cobalah kunyah daun ajeran atau jintan ini hingga lembut dan biarkan airnya meresap pada gigi yang berlubang.

  • Mengobati Luka Bernanah, Memar Atau Tergigit Ular

Tumbuk daun ajeran hingga lumat, balurkan pula pada bagian kulit yang bermasalah. Rebusan daunnya dapat pula digunakan untuk membasuh luka.

  • Mengobati Luka Borok

Panaskan daun sornet dengan api kecil, tempelkan pada kulit yang timbul borok.

  • Obat Malaria

Di dalam daun ajeran ini terdapat senyawa flavonoid yang memiliki sifat anti-malaria sehingga efektif untuk melawan protozoa penyebab malaria.

Catatan :

Anda dapat menambahkan madu murni dalam rebusan daun ajeran untuk mengurangi atau menghilangkan rasa pahit.

Khasiat Ajeran Untuk Kesehatan Mata

Khasiat Ajeran Untuk Kesehatan Mata

Ajeran ini dapat bermanfaat pula bagi kesehatan mata. Ajeran dapat digunakan sebagai pencuci mata dan sangat aman pula. Cara Pengolahannya : Siapkan sekitar segenggam daun ajeran segar atau lebih kurang 5 gram ukuran sedang. Cuci dan bersihkan sebelum direbus dalam air sebanyak satu gelas. Setelah mendidih, dinginkan. Setelah benar-benar dingin, Anda dapat memanfaatkan rebusan daun ajeran tersebut untuk mencuci mata. Sebaiknya gunakan alat khusus (gelas pencuci mata) yang dapat dibeli di apotek agar lebih bersih dan efisien.

Efek Samping Tanaman Ajeran

Hingga saat ini belum ada laporan resmi efek samping ataupun bahaya dari tanaman ajeran sebagai obat. Gunakan ramuan ajeran sesuai dosis dan aturan pakai yang dianjurkan. Jangan berlebihan karena jika berlebihan akan memicu efek samping seperti gangguan ginjal akibat kerja ginjal yang terlalu keras menyaring kelebihan obat-obatan termasuk herbal.

Baca Juga : Khasiat Buah Mengkudu Untuk Mata Katarak

By : Obat Penyakit Kulit | Khasiat Ajeran Untuk Kesehatan Mata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *