Khasiat Bangle Untuk Radang Selaput Lendir Mata

By | 07/09/2016

Khasiat Bangle Untuk Radang Selaput Lendir Mata,- Bangle termasuk salah satu bumbu dapur tetapi mungkin jarang digunakan ibu rumah tangga dalam setiap masakannya. Nama latin dari bangle ini adalah Zingiber montanum. Tanaman bangle ini banyak tumbuh di daerah Asia Tenggara, dan tumbuh di tanah yang agak lembab dan cukup sinar matahari. Di beberapa daerah bangle ini terkenal dengan sebutan yang berbeda. Orang Sunda menyebutnya panglai dan Makassar menyebutnya Bale, Panini Bugis, Mungle Aceh dan Ambon disebut unin makei.

Uraian Tanaman

Tanaman ini banyak dibudidayakan di pekarangan dan kebun, dapat tumbuh hingga ketinggian 1-8 meter, tumbuh dalam 1 rumpun/kelompok, buahnya berbentuk lonjong memanjang dan berasa pahit juga sedikit pedas. Tanaman ini dikembangkan dengan stek rimpang. Bangle tumbuh di Asia Tropika, dari India hingga Indonesia. Di Jawa dibudidayakan atau ditanam di pekarangan pada tempat yang cukup terdapat sinar matahari, mulai dari dataran rendah hingga 1.300 mdpl. Pada tanah yang tergenang atau becek, pertumbuhannya akan terganggu atau rimpang akan cepat membusuk. Bungannya adalah bunga majemuk, berbentuk tandan, keluar diujung batang, panjang gagangnya mencapai 20 cm. Bagian yang mengandung bunga bentuknya bulat telur atau seperti gelendong, panjangnya 6-10 cm, lebar 4-5 cm.

Kandungan Bangle 

Bangle mengandung kurang lebih puluhan komponen diantaranya Enam puluh empat komponen diidentifikasi dalam minyak daun dan 32 komponen diidentifikasi dalam minyak rimpang. Rimpang bangle menghasilkan sekitar 1,84% dari minyak atsiri berwarna yang mengandung terpinen-4-ol (45,44%) sebagai konstituen utamanya. Disamping itu, rimpang bangle mengandung phenylbutanoids, sabinene dan terpinen-4-ol, trans- l- (3,4-dimethoxyphenyl), dimetho-xyphenyl) butadiena dan trans-4- (3,4- dimethoxyphenyl) tapi-3-ene-l-il asetat sebagai konstituen utama (Taroeno et al., 1991). Sedangkan kandungan antioksidan baru yang ditemukan adalah cassumunarin A, B, dan C. Komponen utama dalam minyak daun yang sabinene (14,99%), β-pinene, caryophyllene dan caryophyllene, triquinacene 1,4-bis (metoksi), dan (Z).

Tanaman ini ternyata khasiatnya sangat bagus untuk pengobatan. Tanaman ini memiliki banyak kandungan zat berguna untuk kesehatan tubuh. Bagian yang sering dipakai untuk pemanfaatannya adalah rimpang dan daunnya.

Khasiat Bangle Untuk Pengobatan

Bangle ini dapat mengobati berbagai macam penyakit seperti demam, sakit kepala, batuk, perut nyeri, masuk angin, sembelit, sakit kuning, cacingan, reumatik, ramuan jamu, kegemukan, mengecilkan perut setelah melahirkan.

Khasiat Bangle Untuk Radang Selaput Lendir Mata

Khasiat Bangle Untuk Radang Selaput Lendir Mata

Khasiat kandungannya terbukti dapat efektif untuk mengatasi radang selaput lendir mata dan sakit mata. Untuk pengolahannya siapkan rimpang bangle dan kunyit sebesar 1 buku jari tangan dan 13 butir jinten hitam. Cara meraciknya yaitu dengan iris tipis semua bahan, kemudian direbus dengan air sekitar 300 ml hingga tersisa setengah, saring dan kemudian minum sekaligus saat telah dingin. Rimpang bangle ini memiliki bau khas yang aromatik, rasanya agak pahit dan pedas. Kandungan kimianya : Minak atsiri (sineol, pinen), damar, pati, tanin yang berkhasiat untuk radang selaput lendir mata.

Baca Juga : Khasiat Ajeran Untuk Kesehatan Mata

By : Obat Penyakit Kulit | Khasiat Bangle Untuk Radang Selaput Lendir Mata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *