Khasiat Boroco Untuk Mata Infeksi

By | 27/08/2016

Khasiat Boroco Untuk Mata Infeksi,- Tahukah anda tanaman boroco ? Bagi yang belum tahu, boroco merupakan salah satu tanaman dengan batang bulat luar memanjang dan juga kasar, cabangnya banyak dan berwarna hijau atau juga merah. Tanaman ini tumbuh tegak dengan tinggi 30-100 cm, tumbuh liar di tepi jalan atau dipinggir selokan tanah lapang yang terlantar. Daunnya berbentuk bulat telur memanjang, ada yang warna hijau dan ada pula yang berwarna merah, ujung lancip, pinggir bergerigi halus hampir rata. Bijinya berwarna hitam agak cerah. Di indonesia boroco memiliki beberapa nama panggilan antara lain sangsri, bayam ekor belanda, bayam kucing, kuntha, dan bayam kasubiki.

Tanaman boroco ini disebut juga dengan nama bayam kucing, ciri boroco memiliki utama batang berbentuk bulat dengan alur kasar memanjang, bercabang banyak, batang ini berwarna hijau atau merah. Tumbuhan ini memiliki sifat anti hipertensi, anti radang mata. Dalam farmakologi China disebut sebut tumbuhan ini memiliki rasa pahit dan sejuk.

Khasiat Boroco Untuk Mata Infeksi

Tanaman Boroco Ini memiliki kandungan polifenol dan flavonoid

Khasiat Dan Manfaat Boroco

Manfaatnya sangat banyak sekali untuk pengobatan, Allah memang tidak menciptakan sesuatu dengan sia-sia. Boroco ini biasanya yang digunakan sebagai pengobatan adalah biji, bunga dan seluruh tanamannya. Memiliki fungsi antara lain dapat mengobati infeksi mata/mata merah, radang kornea mata, infeksi di dalam mata, tekanan darah tinggi. bisa digunakan untuk muntah darah, keputihan, obat cuci mata, dan infeksi saluran kencing.

Khasiat Boroco Untuk Mata Infeksi

Seperti yang telah disebutkan diatas, kebanyakan khasiat boroco adalah untuk mengatasi gangguan kesehatan pada mata terutama pada infeksi mata atau mata merah. Kandungan flavonoid serta polifenol yang ada di dalamnya, luar biasa berkhasiat untuk menyembuhkan gangguan kesehatan pada mata. Tanaman boroco akan terasa pahit jika dikonsumsi. Bagian tanaman yang biasa dikonsumsi segar adalah biji, bunga atau seluruh bagian tanaman. Nah untuk ramuan mengobati infeksi mata bagian dalam adalah dengan 10-30 gram dan biji boroco yang direbus secukupnya setelah itu gunakan air rebusannya untuk merimbang mata sebanyak 2-3 kali sehari. Sementara itu untuk infeksi mata bagian dalam bisa dibuati dengan menggunakan air rebusannya untuk mencuci mata.

Penyebab Mata Infeksi

Di era modern ini paparan terhadap infeksi virus, bakteri, atau parasit dapat menyebabkan mata menjadi merah, bengkak dan berair

Infeksi mata adalah kondisi mata merah dan bengkak yang disebabkan oleh virus atau bakteri. Mata merah adalah infeksi mata yang paling sering terjadi. Ini adalah peradangan di bagian permukaan kelopak mata, biasanya terjadi akibat infeksi virus atau bakteri. Infeksi mata ditandai dengan gejala mata merah, kotoran pada mata (berupa air lendir,nanah), mata terasa tidak nyaman, mata terasa bengkak dan pembengkakan di sekitar mata, gatal yang terus menerus, penglihatan terasa buram, kelopak mata yang mengelupas. Jangan biarkan infeksi mata menyerang terlalu lama, hindari penggunaan obat iritasi mata berbahan kimia terlalu sering, karena dapat menimbulkan kerusakan mata dikemudian hari. Jaga pula selalu mata anda dari debu dan polusi untuk menghindari bakteri dan kuman masuk pada mata.

Baca Juga : Khasiat Daun Melati Untuk Mata Minus

By : Obat Penyakit Kulit

Khasiat Boroco Untuk Mata Infeksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *