Khasiat Daun Melati Untuk Mata Minus

By | 26/08/2016

Khasiat Daun Melati Untuk Mata Minus,- Mata merupakan jendela dunia. Kita dianugrahi mata agar bisa melihat dunia dan seisinya. Untuk itu kesehatan mata adalah aset penting dan sangat bernilai tinggi yang harus dijaga sebaik mungkin. Pada beberapa orang mungkin sering mengalami gangguan kesehatan seperti mata minus, mata katarak, radang selaput mata, mata iritasi dll.

Khasiat Daun Melati Untuk Mata Minus

Melati (jasminum sambac) adalah tanaman yang memiliki banyak sekali manfaat. Bunganya berwarna putih mungil, berbau harum dan sering digunakan untuk berbagai kebutuhan. Melati ini dapat berbunga sepanjang tahun dan dapat tumbuh subur pada tanah yang gembur dengan ketinggian sekitar 600 atau 800 meter diatas permukaan laut, asalkan mendapat cukup sinar matahari. Melati dapat dikembangbiakan dengan cara di stek. Tunasnya pun akan tampak setelah 6 minggu.

Kandungan Kimia Melati : Senyawa unsur kimia yang baik untuk pengobatan. Kandungannya antara lain : indol, benzyl, livalylacetaat.

Bunga melati adalah salah satu tanaman hias bunga yang memiliki ciri-ciri berbatang tegak. Di Indonesia bunga melati dijadikan puspa bangsa atau simbol nasional. Ciri bunga melati yang lain adalah berwarna putih bersih dan memiliki bau yang harum dan wangi. Bunga melati ini juga memiliki daun yang biasa disebut dengan daun melati. Daun melati memiliki helaian tangkai, bentuknya ovate pada pangkal daunnya membentuk setengah lingkaran. Sedangkan ujung daunnya berbentuk runcing.

Khasiat Bunga dan Daun Melati

Baik bunga maupun daunnya dapat dimanfaatkan untuk kesehatan. Bunga melati dipercaya dapat membantu mengobati stress, menjauhkan diri dari kanker, mengurangi kemungkinan stroke, membantu menurunkan berat badan, mengeluarkan racun dalam tubuh, mengatasi PMS. Khasiatnya yang lain dapat mengobati flu, sesak nafas, demam dan sakit kepala, bengkak digigit serangga/lebah, gangguan kesehatan mata, menghentikan asi berlebih dan juga mengobati insomnia.

Khasiat Daun Melati Untuk Mata Minus

Daun melati dapat mengurangi mata minus. Daun melati dipercaya mampu mempercepat proses penyembuhan gangguan kesehatan pada mata terutama mata minus. Cara mengolahnya cukup mudah, genggam daun melati segar lalu tumbuk hingga halus dan tempelkan pada dahu (sekitar area mata). Jika daun melati ini mengering segera ganti dengan yang baru. Lakukan secara rutin selama proses penyembuhan.

Nah sementara itu bunga melatinya dapat digunakan untuk mengatasi iritasi pada mata. 

Caranya adalah rebus kuntum bunga melati pada 1 atau 2 gelas air. Rebus kuntum bunga melati tersebut hingga tercium baunya yang khas lebih tajam. Setelah itu dinginkan air rebusan tersebut dan tuang ke dalam piring atau mangkuk. Lalu kedipkan mata anda pada air hasil rebusan bunga melati. Pada saat diteteskan pada mata pasti terasa perih tetapi lama-kelamaan mata akan jadi terbiasa. Kedipkan saja mata , cepatnya gerakan mata yang berkedip adalah respon rasa perih kandungan asam bunga melati, ini bagus untuk melatih kelenturan otot silaris mata. Disamping itupun bunga melati memiliki kandungan zat anti bakteri sehingga mengurangi gatal pada mata. Efek lain dari ramuan ini juga dapat menghilangkan debu dan kotoran yang membuat mata menjadi merah. Selain itu kandungan minyak atsiri yang harum akan membuat rileks saraf-saraf mata yang tegang.

Rutin membersihkan mata dengan ekstrak bunga melati akan mendapatkan mata yang jernih dan bebas dari rasa gatal. Jadi jangan ragu lagi, bagi anda yang mengalami masalah mata apalagi yang bekerja di depan komputer, coba dan buktikan khasiat dari bunga dan daun melati untuk mata.

Demikian informasi yang bisa saya berikan, semoga bermanfaat bagi pembaca semua. Salam Sehat !

Baca Juga : Khasiat Kembang Telang Untuk Radang Mata Merah

By : Obat Penyakit Kulit

Khasiat Daun Melati Untuk Mata Minus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *