Khasiat Ketimun Untuk Mata

By | 22/09/2016

Khasiat Ketimun Untuk Mata,- Ketimun begitu orang sering menyebutnya, padahal bisa nama aslinya ketimun. Ini adalah jenis buah yang biasa dijadikan sayuran sehari-hari. Harganya cukup terjangkau dan peminatnya pun banyak. Sering dijadikan lalapan bersama sayur-sayur lain. Rasa mentimun ini gurih dan ternyata manfaatnya sangatlah banyak untuk kesehatan. Mentimun memiliki nama latin Ucumis Sativus L ( timun atau ketimun). Jenis sayuran yang memiliki kandungan air yang cukup tinggi. Mentimun ini digolongkan ke dalam keluarga labu-labuan. Ketimun siklus hidupnya sangat pendek, dan merambat juga termasuk dalam tumbuhan semusim.

Uraian Tanaman
Ketimun banyak dibudidayakan. Biasanya dibudidayakan di ladang, halaman rumah atau di rumah kaca. Tanaman ketimun tidak dapat bertahan jika cuaca hujan terus menerus. Pertumbuhan ketimun memerlukan kelembaban udara yang tinggi, tanah subur yang gembur dan juga yang mendapat sinar matahari secara penuh. Tanaman ketimun memiliki sulur dahan berbentuk spiral yang keluar di sisi tangkai daun. Daunnya tunggal letaknya berseling, bertangkai panjang, bentuknya bulat telur lebar, bertaju 3-7, dengan pangkal berbentuk jantung, ujungnya runcing, tepi bergerigi. Panjangnya 7-18 cm, lebarnya 7-15 cm, warnanya hijau.

Sifat Kimiawi dan Efek Farmakologis : Buah : Sebagai penyegar badan, penyejuk, peluruh kencing, menghaluskan dan juga melemaskan kulit. Daunnya : Perangsang muntah. Kandungan Kimia : Minyak lemak, karoten. Daun : Kukurbitasin C, stigmasterol. Buahnya mengandung sedikit saponin, enzym pencernaan, glutathione, protein, lemak, karbohidrat, vitamin B dan C.

Ketimun memiliki 95% kadar air dan secara alami rendah kalori, lemak, kolesterol, dan sodium. 1 cangkir irisan mentimun dengan kulitnya (119 gram) mengandung : 115 gram air, 16 kalori, 0,8 gram protein, 0,2 gram lemak, 2,9 gram karbohidrat (termasuk 0,9 gram serat dan 1,8 gram gula).

Manfaat Ketimun Untuk Kesehatan

  • Menjaga Asupan Air Dalam Tubuh

Ketimun mengandung 96% kadar air yang lebih baik dibanding dengan air biasa. Ketimun juga dapat menghindari dehidrasi tubuh dan membantu menetralkan toksin dalam tubuh.

  • Menjaga Berat Badan

Ketimun ini rendah kalori. Serat larut dalam mentimun bertekstur seperti gel dalam usus yang dapat membantu memperlambat pencernaan. Perut akan merasa kenyang lebih lama dan inilah alasan mengapa makanan kaya akan serat akan membantu perut kenyang lebih lama.

  • Dapat Membantu Menyembuhkan Rematik Asam Urat

Vitamin A, B, Folat, Kalium, Magnesium dalam mentimun yang dicampur dengan jus wortel bisa meneredakan nyeri astritis dan kadar asam urat berlebih dalam tubuh.

  • Ketimun Kaya Antioksidan 

Ketimun kaya antioksidan yang baik untuk sistem kekebalan tubuh seperti flavonoid, quercetin, apigenin, luteolin, kaemferol, termasuk vitamin C dan beta karoten.

Khasiat Ketimun Untuk Mata

Khasiat Ketimun Untuk Mata

Ketimun juga ternyata memiliki manfaat yang baik untuk mata. Buah mentimun sangat cocok digunakan untuk anda seorang pekerja kantoran yang memiliki banyak aktivitas di depan layar monitor yang biasanya mengalami mata lelah. Mata lelah dapat diatasi dengan menempelkan iriasan buah ketimun segar ke bagian mata selama 20-30 menit. Rasakan perbedaan mata menjadi lebih segar.

Ketimun juga dapat mengatasi mata panda akibat banyak beraktivitas di malam hari dan kurang beristirahat. Mata panda adalah kondisi dimana warna kulit di sekitar mata lebih gelap dari kulit normal anda. Untuk mengatasinya cukup dengan menempelkan beberapa irisan buah mentimun lalu diamkan. Lakukan rutinitas ini sesering mungkin untuk mempercepat menghilangkan mata panda.

Lalu untuk mata sembab ketimun juga bisa dimanfaatkan. Mata sembab adalah kondisi dimana orang terlalu lama menangis sehingga matanya menjadi bengkak. Hal ini bisa diobati dengan cara membuat irisan mentimun untuk diletakan sebagai kompres mata. Lakukan beberapa kali sehingga mata menjadi normal kembali. Selama menggunakan irisan mentimun ini sebaiknya mata anda tidak terbuka sama sekali karena jika cairan dari buah mentimun masuk dalam mata maka akan mengakibatkan mikroba  dan bakteri masuk ke mata dan akan menyebabkan masalah mata lainnya. Sebaiknya mentimun juga dicuci hingga bersih terlebih dahulu.

Baca Juga : Khasiat Daun Kelor Untuk Kesehatan Mata

By : obat penyakit kulit | Khasiat Ketimun Untuk Mata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *