Khasiat Tanaman Patikan Kerbau Untuk Mata Merah

By | 27/09/2016

Khasiat Tanaman Patikan Kerbau Untuk Mata Merah,- Tahukah anda bahwa tanaman patikan kerbau memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan ? Masyarakat mengenal tanaman ini hanyalah tanaman gulma pengganggu yang tidak berguna. Tetapi tidaklah Allah menciptakan sesuatu kecuali ada manfaatnya. Patikan kerbau ini telah digunakan oleh masyarakat jaman dahulu sebagai obat untuk mengatasi penyakit mata merah akibat belekan atau glaukoma. Inilah mengapa tanaman ini memiliki khasiat untuk kesehatan mata.

Uraian Tanaman :

Patikan kerbau atau yang memiliki nama latin (Euphorbia hirta) adalah tumbuhan liar yang banyak ditemukan di kawasan tropis. Di Indonesia tumbuhan ini dapat ditemukan diantara rerumputan tepi jalan, sungai, kebun atau tanah pekarangan rumah yang tidak terurus. Patikan kerbau mampu bertahan hidup selama 1 tahun dan berkembang biak melalui biji. Patikan kerbau juga mempunyai warna dominan kecoklatan dan bergetah. Banyak pohonnya yang memiliki cabang dengan diameter ukuran kecil. Daun patikan kerbau mempunyai bentuk bulat memanjang dengan taji-taji. Letaik daun yang satu dengan yang lain berhadap-hadapan. Sedang bunganya muncul di ketiak daun.

Komposisi Patikan Kerbau :

Patikan kerbau mengandung beberapa unsur kimia, diantaranya : alkaloida, tanin, senyawa folifenol (asam gallat), flavonoid quersitrin, ksanthorhamnin, asam-asam organik palmitat oleat dan asam lanolat. Di samping itu, patikan kerbau pun mengandung terpenoid eufosterol, tarakserol dan tarakseron serta kautshuk.

Secara turun temurun memang patikan kerbau digunakan untuk mengobati sakit asma dan gangguan penglihatan, obat batuk dan juga sariawan. Mari kita bahas apa saja gangguan kesehatan yang dapat diatasi oleh patikan kerbau dan bagaimana cara mengolahnya.

Khasiat Tanaman Patikan Kerbau Untuk Mata Merah

Khasiat Tanaman Patikan Kerbau Untuk Mata Merah

Mata merah biasanya terjadi akibat alergi, iritasi dan virus. Kondisi ini memang bukan kondisi yang berbahaya tetapi sakit mata merah bisa terjadi akibat virus yang menular dan dapat menyebabkan terganggunya aktivitas sehari-hari terlebih tidak membuat percaya diri.

Salah satu usaha yang bisa kita lakukan adalah mengobatinya dengan cara alami. Gunakan tanaman patikan kerbau. Pada jaman dahulu jika orangtua kita sakit mata akibat gatal, belekan dan mata merah hal yang pertama dilakukan adalah dengan mencari daun patikan kerbau karena kandungannya dapat dipercaya bermanfaat sebagai antibakteri dan antiinflamasi. Cobalah ambil dan cuci daun patikan kerbau secukupnya, lalu rendam dengan sedikit air. Kemudian teteskan air perasan daun patikan kerbau 1-2 tetes pada mata yang sakit pada pagi dan malam hari. Dan rasakan efeknya pada hari berikutnya. Atau bisa dengan meneteskan getah tanaman kerbau pada mata yang merah 2 kali sehari hingga sembuh. Daun patikan kerbau ini memilki kandungan flavonoid yang baik untuk kesehatan mata.

Catatan : Semua informasi tentang herbal ini hanya bersifat sebatas informasi. Penggunaan obat herbal sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengguna karena efek obat herbal yang sifatnya menyembuhkan dan menekan penyakit memiliki hasil yang berbeda-beda pada tiap individu. Disarankan sebaiknya konsultasi terlebih dahulu pada ahlinya.

Baca Juga : Khasiat Buah Pala Untuk Mata Sehat

By : obat penyakit kulit | Khasiat Tanaman Patikan Kerbau Untuk Mata Merah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *