Mengenal Lebih Jelas Tentang Penyakit Kulit Kurap

By | 04/12/2015

Mengenal Lebih Jelas Tentang Penyakit Kulit Kurap,- Kurap adalah terjadinya Infeksi yang awalnya timbul bercak merah pada daerah kulit yang terkena dan kemudian menyebar ke bagian lain dari tubuh. Infeksi dapat mempengaruhi kulit kepala, kaki, pangkal paha, jenggot, atau daerah lain. Ketika kurap mempengaruhi kaki biasanya terjadi antara jari-jari kaki seseorang, muncul tambal sulam. Bahkan, ruam tidak terlihat seperti cincin sama sekali tapi mungkin merah dan bersisik.

Obat Kurap dan Kudis Di Apotik

Penyebab Kurap adalah karena adanya tiga jenis jamur yang dapat menyebabkan infeksi ini yaitu Trichiophyton, Microsiporum dan Epidermophyton. Ada kemungkinan bahwa jamur ini dapat hidup untuk jangka sebagai spora dalam tanah. Manusia dan hewan dapat kontrak kurap setelah kontak langsung dengan tanah ini. Infeksi juga dapat menyebar melalui kontak dengan hewan yang terinfeksi atau manusia. Infeksi ini umumnya menyebar di antara anak-anak dan dengan berbagi benda yang mungkin tidak bersih.

Kurap dapat menyebar dengan mudah dari satu orang ke orang lain. Anda dapat terkena penyakit kulit kurap jika Anda menyentuh seseorang yang memiliki infeksi, atau jika Anda kontak langsung dengan barang-barang yang terkontaminasi oleh jamur, seperti sisir, pakaian kotor, dan kamar mandi atau kolam renang permukaan. Anda juga dapat menangkap kurap dari hewan peliharaan yang membawa jamur.

Gejala bervariasi tergantung di mana Anda terinfeksi. Dengan infeksi kulit, Anda mungkin mengalami hal berikut:

  • merah, gatal, bersisik, atau Bercak mengangkat
  • Bercak yang mengembangkan lepuh atau mulai cairan
  • Bercak yang mungkin lebih merah di tepi luar atau menyerupai cincin
  • Bercak dengan tepi yang didefinisikan dan dibesarkan

Jika anda telah mengalami beberapa gejala diatas maka harus waspada, karena itu bisa saja adalah satu dari tanda munculnya penyakit kurap. Selain itu penyakit kurap ini biasanya salah satu penyakit kulit yang sering menyerang anak, namun sekarang ini juga banyak di temukan pada orang-orang dewasa. Untuk anda yang tengah mengalami penyakit kulit ini, sebiknya melakukan perawatan seperti halnya berikut ini :

  1. Menjaga kulit Anda bersih dan kering.
  2. Terapkan antijamur over-the-counter atau pengeringan bubuk, lotion, atau krim yang mengandung miconazole, clotrimazole, atau bahan serupa.
  3. Jangan memakai pakaian yang menggosok terhadap dan mengiritasi daerah.
  4. Lembar mencuci dan pakaian tidur setiap hari saat Anda terinfeksi

Anda dapat mencegah kurap dengan berlatih hidup sehat dan higienis. Banyak infeksi berasal dari kontak dengan hewan dan kurangnya kebersihan yang layak. Ingatlah untuk mencuci tangan setelah berinteraksi dengan binatang. Jika Anda memiliki hewan peliharaan, menjaga ruang tamu yang bersih dan didesinfeksi. Jika Anda memiliki sistem kekebalan tubuh lemah, menghindari hewan atau individu yang diduga menderita dermatofitosis.

Dalam hal perawatan pribadi, Anda harus mandi dan keramas rambut Anda secara teratur. Hindari berbagi barang pribadi seperti pakaian atau sisir, karena ini dapat membawa spora penyebab kurap infektif. Pastikan untuk selalu menjaga kaki Anda dan kulit bersih dan kering.

Baca Juga : Psoriasis dan Cara Mencegahnya

by : Obat Alergi Kulit

Mengenal Lebih Jelas Tentang Penyakit Kulit Kurap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *