Penyebab Impetigo Sering Menyerang Anak

By | 02/12/2015

Penyebab Impetigo Sering Menyerang Anak,- Impetigo adalah kondisi penyakit kulit yang sangat menular dan biasanya terjadi pada wajah, leher, dan tangan anak-anak dan bayi. Impetigo juga salah satu infeksi kulit yang paling umum terjadi pada anak-anak, biasanya akan mengakibatkan lecet atau luka pada wajah, leher, tangan, dan daerah popok. Penyakit impetigo ini jarang terjadi pada orang dewasa, dan juga sering terjadi karena mengikuti kondisi kulit lain atau infeksi.

Tahukah anda sebenrnya Impetigo disebabkan oleh dua bakteri yaitu Staphylococcus aureus atau Streptococcus pyogenes ( juga disebut kelompok A streptokokus , yang juga menyebabkan radang tenggorokan ) . Methicillin-resistant Staphylococcus aureus ( MRSA ) juga menjadi penyebab penting dari impetigo.

Ada beberapa jenis impetigo, gejala dan penyebab nya pun berbeda sesuai dengan jenis penyakit impetigo itu sendiri :

  1. Impetigo Contagiosa,- Jenis ini juga dapat disebut impetigo nonbullous, dan jenis yang paling umum dari impetigo pada anak-anak yang sangat menular. Jenis impetigo ini biasanya dimulai dengan luka merah di sekitar hidung dan mulut.
  2. Impetigo Bulosa,- Bentuk impetigo paling umum pada anak di bawah usia dua tahun. Lepuh biasanya muncul pertama pada batang tubuh, lengan, dan kaki. Lepuh ini mungkin awalnya tampak jelas dan kemudian berubah . Lecet yang disebabkan oleh impetigo bulosa cenderung bertahan lebih lama dari lecet yang disebabkan oleh jenis impetigo lainnya. Daerah sekitar lecet mungkin merah dan gatal.
  3. Ecythma,- Ini adalah bentuk paling serius dari impetigo karena mempengaruhi lapisan kedua dari kulit, bukan hanya lapisan atas. Lecet cenderung menyakitkan dan dapat berubah menjadi bisul, atau diperburuk, luka terbuka. Pembengkakan kelenjar getah bening dan bekas luka juga dapat terjadi.

Sebenarnya Alasan Kenapa Impetigo Sering Menyerang Anak-Anak karena pada usia anak-anak jarang menjaga kebersihan badannya dan dengan mudah virus atau bakteri penyebab impetigo menginfeksi tubuh anak. Namun jika pada dewasa biasanya penyakit impetigo ini akan muncul jika setelah terjadi suatu infeksi pada saluran pernafasan seperti flu atu infeki virus lainnya.

Faktor Resiko Terkena Impetigo :

  1. Rentan usia 2-6 tahun
  2. Kebersihan yang buruk
  3. Cuaca hangat
  4. Berada di lingkungan yang kotor di mana bakteri dapat menyebar dengan mudah
  5. Memiliki dermatitis (gatal,radang kulit,kadang-kadang disebabkan oleh reaksi alergi)
  6. Memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah
  7. Memiliki diabetes

Gejala Impetigo dapat membuat tidak nyaman terutama ketika tumbuh di wajah. Meskipun gejala sedikit berbeda dari tipe jenis impetigo, namun gejala awalnya dapat meliputi berikut ini :

  • Luka merah yang muncul
  • Adanya kerak kuning
  • Lepuh berisi cairan
  • Gatal gatal
  • Pembengkakan kelenjar getah bening

Itulah beberapa penjelasan mengenai penyakit kulit impetigo yang sering menyerang anak, untuk menghindari penyakit ini anda dapat menjaga kesehatan kulit anak anda dan hindari dari lingkungan yang kotor yang dapt dengan mudah menularkan penyakit impetigo.

Baca Juga : Tips Menghilangkan Biang Keringat

Post by : Obat Alergi Kulit

Penyebab Impetigo Sering Menyerang Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *