Tips dan Trik Menghilangkan Biang Keringat

By | 03/12/2015

Tips dan Trik Menghilangkan Biang KeringatTips dan Trik Menghilangkan Biang Keringat

Biang keringat atau dikenal sebagai miliaria rubra adalah ruam gatal berukuran kecil bintik-bintik merah yang menyebabkan rasa menyengat atau menusuk-nusuk pada kulit. Biang keringat dapat terjadi di bagian mana saja pada tubuh, tetapi paling sering terjadi pada wajah, leher, punggung, dada dan pah dan biasanya muncul beberapa hari setelah terpapar suhu panas.

Suhu yang panas merupakan kondisi yang buruk bagi mereka yang menderita biang keringat, masalah kulit ini umum dialami oleh orang dewasa, anak-anak dan bahkan bayi. Hal ini terjadi pada sebagian besar orang yang tinggal di tempat yang panas dan iklim lembab. Hidup dalam kondisi seperti mengarah ke keringat berlebihan yang bisa menyebabkan kelenjar keringat menjadi tertutup dan merupakan salah satu penyakit yang sering menyerang anak.

Ketika mereka kemudian pecah terbuka dapat mengiritasi kulit dan menghasilkan biang keringat. Penyebab lain dari biang keringat adalah infeksi bakteri dan kelenjar keringat terbelakang. Kelebihan berat badan dan pola gaya hidup yang salah dapat meningkatkan risiko terjadinya biang keringat. Gejala biang keringat biasanya lebih buruk di daerah yang ditutupi oleh pakaian. Hal ini karena pakaian bisa membuat Anda berkeringat dan kadang-kadang menyebabkan gesekan.

Namun anda jangan khawatir karena Biasanya biang keringat dapat diselesaikan secara alami sesuai dengan kondisi cuaca yang membaik. Tapi ketika menyerang di musim panas ini, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mendinginkan tubuh. Anda dapat tinggal di sebuah ruangan ber-AC, atau mandi air dingin atau mandi untuk meminimalkan sensasi menusuk pada kulit Anda. Anda juga dapat mencoba beberapa Tips dan Trik Menghilangkan Biang Keringat yang sangat efektif dan tidak memiliki efek samping seperti berikut ini :

  • Menggunakan Oatmeal

Oatmeal adalah perawatan yang populer untuk menghilangkan biang keringa karena mengandung sifat anti-iritasi, anti-inflamasi dan menenangkan. Oatmeal akan memiliki efek menenangkan pada kulit dan memberikan bantuan instan dari peradangan dan gatal-gatal yang disebabkan oleh biang keringat. Caranya sangat mudah cukup tambahkan satu cangkir bubuk oatmeal ditumbuk halus ke bak diisi dengan air dingin. Aduk rata, sampai air mendapat warna susu. Rendam di kamar mandi ini selama 20 sampai 30 menit. Keringkan tubuh Anda dengan handuk lembut. Lakukan ini dua kali sehari selama seminggu untuk menghilangkan Biang keringat.

  • Daun Margosa

Daun Margosa juga dikenal sebagai nimba yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antiseptik yang dapat membantu mengontrol gejala biang keringat seperti gatal-gatal dan peradangan. Caranya cukup mudah yaitu hancurkan segenggam daun nimba segar menjadi pasta. Oleskan pasta pada kulit yang terkena dan biarkan hingga kering sendiri. Bilas dengan air dingin. Ikuti perawatan ini sekali sehari selama seminggu. Atau, Anda dapat didihkan segenggam daun nimba dalam dua cangkir air selama 20 menit. Saring solusi dan biarkan dingin. Rendam kain katun dalam larutan dan letakkan di daerah yang terkena selama lima sampai 10 menit. Lakukan ini empat atau lima kali sehari selama seminggu.

  • Baking Soda

Baking soda adalah obat yang berguna untuk pengobatan biang keringat. Ia bekerja sebagai agen pengelupasan lembut yang membantu pori-poridengan menghapus sel-sel kulit mati, kotoran dan kotoran lainnya. Hal ini dapat mengurangi gatal dan peradangan yang terkait dengan biang keringat. caranya cukup mudah Tambahkan satu sendok teh baking soda untuk satu cangkir air dingin. Rendam kain lap yang bersih dalam larutan dan peras kelebihan air. Masukan lap di atas daerah yang terkena selama lima sampai 10 menit.Ulangi empat atau lima kali sehari selama seminggu.

  • Menggunakan Kompres dingin

Menggunakan kompres dingin pada daerah yang terkena akan memberikan bantuan langsung dari peradangan, menusuk-nusuk sensasi dan gatal-gatal. Caranya cukup mudah yaitu Bungkus beberapa es batu di serbet. Letakkan di daerah yang terkena selama lima sampai 10 menit. Ulangi setiap empat sampai enam jam selama dua sampai tiga hari. Atau, Anda bisa berendam kain kapas di air dingin, peras kelebihan air dan letakkan di daerah yang terkena selama lima sampai 10 menit. Ulangi tiga atau empat kali sehari selama sekitar satu minggu.Anda juga dapat mengambil mandi air dingin atau mandi yang diperlukan untuk mengurangi intensitas gejala biang keringat.

Itulah beberapa Tips dan Trik Menghilangkan Biang Keringat yang dapat anda lakukan sendiri di rumah, semoga artikel ini dapat membantu anda untuk menghilangkan biang keringat dengan mudah tanpa perlu mengeluarkan biaya mahal.

Baca Juga : Tentang Penyakit Kulit Kurap

By : Obat Alergi Kulit

Tips dan Trik Menghilangkan Biang Keringat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *